Menu Tutup

Pertemuan Tahunan Ketua Lembaga Penjaminan Mutu PT Anggota AUN-QA di Hanoi, Vietnam (30-31 Maret 2015)

Sejak tahun 2014, Universitas Brawijaya telah menjadi anggota ASEAN University Network for Quality Assurance (AUN-QA). Hal ini merupakan langkah UB menuju visi besar menjadi universitas bertaraf internasional, dimana UB harus sudah sejajar dan dikenal di tingkat ASEAN yang dicanangkan sejak tahun 2015 ini. Sejak menjadi anggota AUN-QA tersebut, UB telah berpartisipasi dalam beberapa workshop dan pertemuan berkala yang diadakan Sekretariat AUN-QA.

Sekretariat AUN-QA mengadakan workshop anggota AUN-QA dan Rapat Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (CQOs), pada tanggal 30 dan 31 Maret 2015, bertempat di Vietnam National University, Hanoi. Wakil UB yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut adalah Ketua Pusat Jaminan Mutu, Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng., Ph.D.

Pertemuan yang dihadiri 8 PT wakil Indonesia ini bertujuan untuk membahas relevansi dan dinamika sistem AUN-QA, mekanisme, dan juga perubahan Rencana Aksi Strategis AUN-QA untuk mengakomodasi kegiatan AUN-QA di tahun-tahun mendatang. Dalam kesempatan tersebut, UB mengusulkan agar ada sistem informasi untuk mempermudah dan mempercepat proses asesmen program studi, sehingga penilaian asesor mudah dilihat progress nya dan semakin cepat disampaikan sertifikat kepada program studi yang dinilai.

AUN-QA CQOs Meeting in Hanoi red

Dalam pertemuan yang diselenggarakan di Vietnam ini, juga disepakati adanya jaringan komunikasi antar PT Indonesia yang menjadi member AUN-QA. Jejaring tersebut disepakati dalam sebuah deklarasi dan diberi nama Indonesia Network of AUN-QA (IN-AUNQA). Jejaring ini ditandatangani semua peserta wakil PT Indonesia dan ditetapkan adanya beberapa tujuan untuk kebaikan bersama, terutama mendorong percepatan program studi di masing-masing anggotanya agar memperoleh sertifikasi internasional AUN-QA.

Posted in Berita

Tinggalkan Balasan