Konsep Dasar dan Kebijakan Akreditasi oleh Sekretaris BAN-PT

Ceramah Sek BAN-PT 1

Dengan dibukanya beberapa program studi baru di Universitas Brawijaya (UB), maka perlu ada langkah yang strategis dan pemahaman yang baik tentang pentingnya akreditasi di tingkat nasional, yaitu melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Untuk itu, pada hari Jum’at (28/2/2014), UB mengundang Sekretaris BAN-PT, Bapak Dwiwahju Sasongko, untuk memberikan ceramah singkat tentang “Konsep Dasar dan Kebijakan Akreditasi BAN-PT”. Acara yang digelar di Rektorat UB lantai 8 ini mengundang seluruh jajaran pimpinan universitas dan fakultas, serta pimpinan biro, lembaga, dan UPT di lingkungan UB.

Ceramah Sek BAN-PT 2

Acara dibuka oleh pengantar dari Pembantu Rektor I, Prof. Bambang Suharto dan dilanjutkan oleh materi Bapak Dwiwahju Sasongko. Dalam ceramahnya, Bapak Dwiwahju Sasongko menyampaikan empat hal pokok, yaitu: (a) pentingnya akreditasi dan sistem penjaminan mutu, (b) peraturan dan perundangan yang terkait dengan pentingnya akreditasi dan sistem penjaminan mutu, (c) fungsi dan tugas BAN-PT dalam akreditasi, dan (d) standar dan prosedur dalam pengajuan akreditasi, baik program studi maupun institusi. Selain itu, juga disampaikan sedikit tentang Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM).

Materi presentasi Bapak Dwiwahju Sasongko dapat diunduh disini.

Leave a Reply