Lokakarya Nasional “Praktek Baik Implementasi SPMI di Perguruan Tinggi”

Latar Belakang

Sejak dicanangkannya Standar Nasional Pendidikan (SNP) pada tahun 2005 (Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005), maka telah berkembang wacana tentang Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (SPM-PT). Sejak saat itu pula implementasi SPM-PT berkembang dan bervariasi di setiap PT, mengikuti perkembangan organisasi dan ke-khas-an lokal masing-masing.

Oleh karena itu, SPM-PT di suatu PT tidak dapat diadopsi langsung/penuh untuk diimplementasikan di PT yang lain. Dengan organisasi PT dan organisasi unit penjaminan mutu yang variatif, berkembang pola-pola implementasi SPM-PT yang unik. Keunikan dan ke-khas-an lokal tersebut mengandung praktek-praktek baik (good practices) yang perlu disebarluaskan kepada PT lain di Indonesia.

PJM UB telah mengimplementasikan SPM PT berbasis ISO  9001:2008, standar BAN-PT, Pelayanan Prima dan beberapa standar WCU (world class university). PJM UB juga turut berkontribusi dalam pengembangan dan praktek baik SPM-PT dengan men’share‘ melalui pelatihan, technical assistance, dan sebagai narasumber yang telah diikuti 200-an lebih peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Good practices merupakan ilmu yang dapat digunakan untuk meningkatkan (improving) efektifitas dan efisiensi sistem pengelolaan mutu di PT. Berdasarkan pengalaman tersebut, PJM UB memberanikan diri mengadakan Lokakarya Nasional “Praktek Baik Implementasi SPMI di PT” sebagai upaya menggali informasi implementasi SPM-PT di masing-masing PT dan upaya peningkatan mutu berkelanjutan.

Output Kegiatan

Dengan diadakannya Lokakarya Nasional “Praktek Baik Implementasi SPMI di PT” ini diharapkan hal-hal berikut:

–     Bagi UB, memperoleh gambaran tentang implementasi, inovasi, praktek baik, efektifitas dan efisiensi, serta kendala SPMI di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

–     Bagi Ditbelmawa Ditjen Dikti, memperoleh informasi tentang seberapa jauh SPM-PT dijalankan sesuai dengan kebijakan dan arahan Ditjen Dikti.

–     Bagi peserta lokakarya, memperoleh informasi tentang berbagai variasi implementasi SPM-PT, sehingga dapat dipetik pelajaran yang dapat berguna dimasa mendatang, khususnya untuk meningkatkan (improving) efektifitas dan efisiensi sistem pengelolaan mutu di PT.

Pelaksanaan

Waktu  : 17 Januari 2013

Pukul    : 07.30 s.d 16.30 WIB,

Tempat  :  UB Hotel, Malang, Jawa Timur

Contact Person

Achmad Wicaksono, Ir., MEng., PhD.

Sekretaris Pusat Jaminan Mutu Universitas Brawijaya (PJM UB)

Gedung Kantor Pusat Universitas Brawijaya, Lantai 3.

Jl. Veteran, Malang, 65145

Telp./Faks. 0341-575797; E-mail: pjm@ub.ac.id / pjmbrawijaya@gmail.com

HP. 081 131 3003

Lain-lain

– Peserta Lokakarya Nasional tidak dipungut biaya apapun [gratis]

– Peserta diharapkan mengisi Formulir Pendaftaran peserta dan Form Survey yang diserahkan ke panitia via email pjmbrawijaya@gmail.com atau pjm@ub.ac.id atau melalui faksimil 0341-575797

Susunan acara

Informasi penginapan di Malang

Materi Lokakarya