Menu Close

Pelatihan Menyusun Dokumen Akreditasi BAN-PT bagi Program Studi

Dalam rangka meningkatkan kualifikasi akreditasi program studi di Universitas Brawijaya, maka pada hari Rabu, 15 mei 2013, diadakan Pelatihan Menyusun Dokumen Akreditasi BAN-PT bagi program studi yang terlibat dalam program pendampingan akreditasi. Peserta yang mengikuti pelatihan ini terdiri dari tim penyusun borang institusi (Buku IIIB)  dan tim penyusun borang program studi (Buku IIIA dan Evaluasi Diri). Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kiat-kiat dalam menyusun dokumen akreditasi BAN-PT.

Dalam pelatihan ini juga mengundang tim asesor pendamping untuk sekaligus melakukan koordinasi dengan program studi yang akan didampingi. Pelatihan ini dihadiri oleh 70 orang peserta dari wakil program studi dan fakultas, serta 9 orang asesor pendamping.

Acara dibuka oleh Ir. Ahmad Wicaksono MEng., PhD. (Sekretaris PJM). Bapak Ahmad Wicaksono menyampaikan  kegiatan ini penting dilakukan terkait dengan aspek penilaian tentang akreditasi program studi (APS) dalam akreditasi institusi perguruan tinggi (AIPT) memiliki bobot yang tinggi. Selain itu Bapak Ahmad Wicaksono juga menyampaikan tentang pentingnya sistem evaluasi untuk menjaga mutu program studi dan universitas secara umum.

Pembicara yang memberikan materi pada pelatihan ini merupakan asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang ada di UB. Pemateri pertama yaitu Prof. Surachman untuk materi Buku IIIA kemudian dilanjutkan oleh Prof. Bambang Guritno dengan materi Buku IIIB dan materi terakhir dari Prof. Simon Bambang Widjanarko dengan materi Buku Evaluasi Diri.

Secara umum, kegiatan pelatihan berjalan lancar dan peserta antusian dalam mengikuti paparan materi yang disampaikan serta memberikan pertanyaan dalam sesi diskusi. Banyak praktek baik yang disampaikan oleh pemateri terkait pengalaman dalam menyusun dokumen akreditasi BAN-PT maupun pengalaman dalam memberikan asesmen di perguruan tinggi lain.

Tindak lanjut setelah pelatihan ini, tim penyusun dapat mulai mengisi dokumen akreditasi dengan mengoptimalkan program pendampingan, yaitu lebih proaktif untuk berkonsultasi dengan asesor pendamping.

Berikut ini beberapa link download materi yang disampaikan saat pelatihan tersebut (materi tersebut disimpan di http://arsip.ub.ac.id/, untuk akses file harus login menggunakan e-mail account official di domain ub.ac.id):

Program Pendampingan Akreditasi Program Studi di UB oleh Achmad Wicaksono, PhD.

Penyusunan Buku III-B oleh Prof. Bambang Guritno

Penyusunan Buku Evaluasi Diri oleh Prof. Simon Bambang Widjanarko

Posted in Berita

Leave a Reply