Persiapan Monevin PHK Tahun 2013

Sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi yang mendapatkan Program Hibah Kompetisi (PHK) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), maka telah menjadi keharusan bagi Universitas Brawijaya untuk melakukan evaluasi secara periodik terhadap pelaksanaan PHK yang telah didapat.

Saat ini (tahun 2013), Universitas Brawijaya telah melaksanakan PHK berbasis Institusi (PHK-I) dan PHK Peningkatan Kualitas Pendidikan Dokter (PKPD), masing-masing telah memasuki tahun ketiga implementasi (tahun terakhir).

  • PHK Institusi Tema B Batch 4 diterima oleh PS S-1 Budidaya Perairan FPIK, PS S-1 Fisika FMIPA dan PS S-1 Keteknikan Pertanian FTP
  • PHK Institusi Tema C Batch 4 diterima oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
  • PHK PKPD Skema A Batch 1 diterima oleh Fak. Kedokteran

Selain itu, Universitas Brawijaya juga menyelenggarakan PHK mandiri dengan seleksi internal yang disebut PHK UB, yang terdiri dari beberapa tema, yaitu Tema A1, Tema A2, Tema B1, Tema B2, Tema B3 dan Tema C. Setelah melalui seleksi proposal (desk evaluation dan presentasi proposal) diperoleh 11 program studi penerima PHK UB untuk Tema A dan Tema B, sedangkan untuk Tema C masih dalam proses seleksi.

  • Tema A1 Batch 1 diterima oleh PS S-1 Ilmu Kelautan FPIK dan PS S-1 Teknik Kimia FT
  • Tema A2 Batch 1 diterima oleh PS S-1 Ilmu Komputer PTIIK dan PS S-1 Sastra Inggris FIB
  • Tema B1 Batch 1 diterima oleh PS S-1 Matematika FMIPA
  • Tema B2 Batch 1 diterima oleh PS S-1 Biologi FMIPA, PS S-1 Peternakan FPT dan PS S-2 Ilmu Ekonomi FEB
  • Tema B3 Batch 1 diterima oleh PS S-1 Ilmu dan Teknologi Pangan FTP, PS S-2 Akuntansi FEB, PS S-2 Manajemen FEB

Monitoring dan Evaluasi Internal (Monevin) PHK di Universitas Brawijaya dilakukan terhadap unit-unit kerja penerima PHK Dikti dan PHK UB tersebut di atas. Lingkup kegiatan Monevin PHK di UB tahun 2013 ini masih sama dengan tahun 2012, yaitu:

  • Kepemimpinan dan komitmen institusi
  • Kemampuan melaksanakan program
  • Keberlanjutan program
  • Keberhasilan indikator target % (rate of success)
  • Capaian kemajuan fisik (%)

Kegiatan Monevin PHK untuk tahun 2013, dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu Monevin Tengah Tahun dan Monevin Akhir Tahun, masing-masing periode dilakukan melalui dua tahap, yaitu desk evaluation (document review) terhadap proposal, rencana implementasi program (RIP) dan laporan pelaksanaan program. Sedangkan tahap berikutnya adalah wawancara dengan pimpinan unit kerja dan task force team.

Terkait pelaksanaan Monevin PHK tersebut, Pusat Jaminan Mutu (PJM) telah melakukan sosialisasi kepada unit kerja penerima hibah (grantee) pada hari Senin, 10 Juni 2013, bertempat di Ruang Sidang Kantor Pusat Lantai 8. Sosialisasi tersebut dihadiri oleh 75% grantee, baik perwakilan PHK Dikti maupun PHK UB. Selain itu, pada hari Kamis, 13 Juni 2013, juga dilakukan refreshing bagi reviewer internal yang akan terlibat dalam Monevin PHK tahun 2013.

Berikut ini adalah link download materi dan borang yang disampaikan saat sosialisasi kepada grantee dan refreshing kepada reviewer internal:

  1. Distribusi Reviewer dan Auditor Monevin PHK 2013
  2. Surat Tugas Tim Monevin PHK Tahun 2013
  3. Daftar Nomor Ponsel dan Alamat E-mail Reviewer dan Auditor Monevin PHK 2013
  4. Materi Sosialisasi dan Refreshing: Sistem Monevin PHK di UB
  5. Materi Sosialisasi dan Refreshing: Pelaksanaan Monevin PHK 2013
  6. Materi Refreshing: Kompetensi Reviewer dalam Monev PHK
  7. Borang Komentar Terkonsolidasi Monevin PHK
  8. Panduan Penyusunan Komentar Terkonsolidasi
  9. Borang Penilaian Monevin PHK
  10. Checklist Kegiatan Monevin PHK
  11. Checklist Capaian Indikator
  12. Kode Etik Reviewer Internal UB
  13. Daftar Contact Person Grantee
  14. Panduan Penyusunan RIP PHK UB Tema A dan Tema B (new)
  15. Panduan Penyusunan Laporan Interim PHK UB Tema A dan Tema B (new)