Seminar “Membangun Sistem dan Standar UB menuju WCEU”

Sebagai bagian dari tindak-lanjut atas hasil evaluasi pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, baik melalui audit internal mutu (AIM) maupun evaluasi diri program studi dan institusi, maka dipandang perlu untuk menyamakan persepsi tentang pencapaian visi-misi Universitas Brawijaya menuju World Class Entrepreneurial University (WCEU).

Sebagai ajang untuk berdiskusi, maka PJM berinisiatif mengadakan Seminar “Membangun Sistem dan Standar UB menuju WCEU”, pada hari Sabtu, tanggal 24 Mei 2014, bertempat di Perpustakaan.

Seminar1

Dalam seminar yang dibuka oleh Pembantu Rektor I, Prof. Dr. Ir. Bambang Suharto, MS. ini dihadirkan tiga orang pembicara panel dan Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS. sebagai moderator. Ketiga pembicara panel beserta materinya adalah sebagai berikut:

  1. Prof. Dr. Ir. Hendrawan Soetanto, M.Rur.Sc. menyampaikan materi tentang  Teaching University (klik pada judul materi untuk men-download),
  2. Dr.Ing. Setyawan Purnomo Sakti, M.Eng. menyampaikan materi tentang Research University (klik pada judul materi untuk men-download),
  3. Ir. Lilik Setyobudi, M.S., Ph.D. menyampaikan materi tentang Entrepreneurial University (klik pada judul materi untuk men-download).

Seminar ini dihadiri oleh dekan dan ketua program sebagai bagian dari Unit Kerja Pelaksana Akademik (UKPA) dan kepala/ketua/direktur dari Unit Kerja Penunjang Pelaksana Akademik (UKPPA).

Dari paparan pembicara panel dengan dipandu moderator, disampaikan bahwa masing-masing tahapan tersebut memiliki karakteristik, indikator yang spesifik dan persyaratan yang harus dipenuhi. Untuk itu, UB sebagai institusi perguruan tinggi perlu mengkaji pencapaian visi-misi-nya.

Diskusi terjadi setelah paparan dilakukan. Dari pertanyaan dan pernyataan yang disampaikan oleh peserta memberikan banyak wacana tentang posisi UB dalam tiga tahapan evolusi perguruan tinggi, seperti urutan materi yang dipaparkan oleh pembicara. Sebagian peserta juga memberikan beberapa masukan yang perlu dan tidak perlu dilakukan UB ke depan dalam mewujudkan visi dan misinya.

“Harmonisasi. Itulah kata kunci dan prioritas terbesar yang perlu ditingkatkan oleh semua civitas academica dan semua unit kerja yang ada di UB”, demikian penutup dan kesimpulan yang disampaikan Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng., Ph.D. (Ketua PJM) dalam acara seminar ini. Dalam kesimpulan dan penutup yang disampaikan Ketua PJM juga disampaikan tentang Rancangan Standar Mutu UB yang akan diimplementasikan tahun depan dan contoh standar internasional di tingkat Asia.

Leave a comment