UB Menyambut Rektor Baru

Universitas Brawijaya telah resmi memiliki Rektor baru, yaitu Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, M.S. Di PJM, beliau lebih familiar dipanggil Pak Bisri. Sesuai hasil penjaringan hingga pemilihan tingkat senat universitas, beliau terpilih sebagai top management UB untuk periode 2014 s.d 2018. Hari ini, Kamis (19/6/2014) beliau dilantik oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Pak Bisri adalah anggota PJM tahun mulai 2006 hingga 2011, tahun 2011-2012 menjadi Sekretaris PJM, dan tahun 2012-2013 sebagai Ketua PJM. Hingga pada pertengahan tahun 2013 diangkat menjadi Dekan Fakultas Teknik.

M.Bisri

Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, M.S.

Dari aspek manajerial, Pak Bisri terbukti memiliki kapasitas mengelola organisasi, hal ini dapat dibuktikan dengan pesatnya perkembangan PJM sejak beliau bergabung tahun 2006. Sekarang PJM telah menjadi rujukan benchmarking bagi banyak institusi perguruan tinggi di Indonesia. Berbagai inovasi manajerial telah beliau kembangkan, salah satu terobosan beliau dalam pengembangan model SPMI di UB adalah siklus “OSDAT”, yaitu langkah-langkah UB dalam menjalankan SPMI, merupakan singkatan dari:

  1. Menyusun organisasi penjaminan mutu (O)
  2. Menyusun sistem (Kebijakan, Sistem Dokumen (standar mutu, manual mutu, manual prosedur dsb) (S)
  3. Sistem dijalankan (sosialisasi dan menjadi acuan kerja) (D)
  4. Melakukan Audit Internal Mutu (AIM). (satu siklus penjaminan mutu) (A)
  5. Tindak Lanjut (T)

Seperti yang telah Pak Bisri kembangkan untuk PJM, warga UB menunggu kiprah Pak Bisri dalam memimpin institusi ini menuju visi UB menjadi world class entrepreneurial university.

Leave a comment