Workshop Pengisian EMI Tingkat Program Studi Sarjana

Sosialisasi EMIBerdasarkan Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi pasal 51 dan 52 tentang mutu pendidikan tinggi, dan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 1 tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tugas dan fungsi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) adalah terkait penjaminan mutu pendidikan tinggi.

Berkenaan dengan itu, dalam rangka pencapaian generasi emas tahun 2045, peningkatan kualitas pemetaan dan pengimbasan mutu pendidikan tinggi Non Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (baca Non-LPTK), maka BPSDMPK-PMP melaksanakan kegiatan Peta Mutu Perguruan Tinggi khusus Non-LPTK yang melibatkan 20 Perguruan Tinggi, diantaranya Universitas Brawijaya.

BPSDMPK-PMP melalui Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan (PPMP) akan melakukan beberapa sub-kegiatan secara berurutan, yaitu sebagai berikut:

  1. Penyusunan dan Penyempurnaan Instrumen Evaluasi Mutu Internal (EMI)
  2. Capacity Building Tingkat Nasional
  3. Capacity Building Non-LPTK Tingkat Perguruan Tinggi
  4. Supervisi dan Bimbingan Teknis Non-LPTK
  5. Analisis Data Pemetaan Mutu Non-LPTK
  6. Penyusunan Profil dan Peta Mutu Non-LPTK
  7. Seminar dan Publikasi Non-LPTK

Workshop Pengisian EMI

Universitas Brawijaya sebagai perguruan tinggi Non-LPTK di Indonesia menjadi salah satu institusi yang dijadikan pilot project sehingga diharapkan membantu pelaksanaan Pemetaan Mutu tingkat program studi yang dilaksanakan oleh PPMP BPSDMPK-PMP KEMENDIKBUD.

Kegiatan Pemetaan Mutu tersebut dikhususkan untuk program studi sarjana (S-1), yaitu dengan mengisi instrumen Evaluasi Mutu Internal (EMI). Secara umum, instrumen EMI mirip dengan Borang Akreditasi BAN-PT karena sebagian besar merujuk kepada instrumen Akreditasi BAN-PT.

Kegiatan pengisian instrumen EMI di Universitas Brawijaya diawali dengan Sosialisasi kepada Ketua Program Studi Sarjana di UB, yaitu pada tanggal 22 Juli 2013. Kegiatan selanjutnya adalah Workshop Pengisian Instrumen EMI bagi Program Studi Sarjana di UB, yaitu pada tanggal 25 Juli 2013. Pada workshop tersebut, ada supervisi dan bimbingan teknis dari fasilitator PPMP BPSDMPK-PMP KEMENDIKBUD, yaitu Dr. Achmad Syahid (dosen UIN Syarif Hidayatullah) dan Nurbaini Yusuf (staf PPMP).

Terkait pengisian instrumen EMI tersebut, berikut ini diberikan link download beberapa materi yang dapat membantu program studi mengisi instrumen EMI.

  1. Pembukaan
  2. SAP Instrumen dan Rubrikasi EMI Program Studi
  3. Standar Mutu EMI
  4. Instrumen EMI Universitas-Institut-SekolahTinggi-Prodi
  5. Contoh Isian EMI Program Studi (NEW)
  6. Grand Desain Penjaminan Mutu dan Landasan Hukum EMI (NEW)
  7. Pedoman Pengisian Instrumen (NEW)
  8. Panduan EMI (NEW)

Leave a comment