Pelatihan Auditor Internal Universitas Brawijaya Tahun 2022

Audit Internal Mutu (AIM) dan Permintaan Tindakan Koreksi (PTK) merupakan salah satu cara yang ditempuh Universitas Brawijaya dalam menjaga mutu. Pihak yang berperan penting dalam menjaga terlaksananya kegiatan AIM dan PTK tersebut adalah keberadaan auditor internal pada tiap-tiap Fakultas atau Sekolah dalam Universitas Brawijaya. Berawal dari kondisi tersebut, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) mengadakan pelatihan auditor internal guna menambah jumlah auditor internal aktif yang terdapat pada masing-masing unit.

Sambutan pembuka dari Wakil Rektor V

Kegiatan pelatihan auditor internal diawali dengan pelaksanaan survei kebutuhan kepada Fakultas dan Sekolah terkait kondisi auditor internal aktif yang terdapat dalam setiap Fakultas dan Sekolah. Berdasarkan jumlah auditor internal aktif dan jumlah unit yang perlu diaudit, Lembaga Penjaminan Mutu menetapkan komposisi jumlah peserta pelatihan sebagai berikut: 1 peserta dari Fakultas Hukum (FH), 3 peserta dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 1 peserta dari Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), 2 peserta dari Fakultas Pertanian (FP), 2 peserta dari Fakultas Peternakan (FPt), 4 peserta dari Fakultas Teknik (FT), 10 peserta dari Fakultas Kedokteran (FK), 3 peserta dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), 1 peserta dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), 2 peserta dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), 2 peserta dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), 2 peserta dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB), 1 peserta dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), 1 peserta dari Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), 1 peserta dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), 1 peserta dari Sekolah Pascasarjana (SP), 2 peserta dari Fakultas Vokasi (FV) dan 1 peserta dari Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat (FIKES).

Kegiatan pelatihan auditor dilaksanakan pada tanggal 20-23 Juni 2022. Kegiatan diawali dengan pembukaan dari Wakil Rektor V, Dr Ir Bambang Susilo MSc Agr dan Ketua Deputi Akreditasi Organisasi, Ir. Aida Sartimbul, M.Sc, Ph.D. Pelatihan dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) oleh Dr. Agustina Shinta H.W dan Aida Sartimbul, Ph.D. Pelatihan dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) oleh Dr. Slamet Wahyudi, dan Dr. Nurul Muslihah. Pelatihan pada hari pertama ini selanjutnya ditutup dengan penyampaian materi tentang etika dan kompetensi auditor oleh Dr. Shinta Hadiyantina.

Kegiatan pelatihan pada hari kedua diisi diawali dengan psikotes dan dilanjutkan dengan kegiatan simulasi desk evaluasi. Simulasi dilakukan secara berkelompok dengan didampingi oleh satu orang auditor internal Universitas Brawijaya. Pada hari ketiga, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi proses audit. Pada akhir simulasi peserta mempraktikkan kompetansi yang diperoleh pada hari sebelumnya. Kegiatan pada hari ketiga ini ditutup dengan umpan balik dari auditor pendamping ke peserta pelatihan.

Proses simulasi audit

Pada hari keempat, kegiatan pelatihan diawali dengan latihan verifikasi Permintaan Tindakan Koreksi dengan menggunakan laporan PTK tahun sebelumnya. Kegiatan di hari keempat ini diakhiri dengan post-test yang diikuti oleh seluruh peserta. Rangkaian dari kegiatan pelatihan ini ditutup oleh Ketua LPM, Dr. Shinta Hadiyantina dan pengumpulan umpan balik dari peserta pelatihan. (ese)

Peserta dan panitia pelatihan auditor internal