Pelatihan Menyusun Dokumen Akreditasi dan Launching SIDEA

Selama dua hari (tanggal 23 April 2012 dan 30 April 2012) Pusat Jaminan Mutu UB melaksanakan pelatihan menyusun dokumen akreditasi bagi fakultas dan PS yang sedang dan akan mengajukan akreditasi ke BAN-PT. Pelatihan ini melibatkan 22 PS yang sedang dalam proses penyusunan borang akreditasi ke BAN-PT dan menghadirkan asesor BAN-PT dari internal UB sebagai pembicara, yaitu Prof. Dr. Ir. Simon Bambang Widjanarko, M.App.Sc., Prof. Dr. Ir. Djalal Rosyidi, MS. dan Prof. Dr. Surachman, MSiE.

 selengkapnya

Materi pelatihan dirancang dapat memberikan gambaran bagi tim penyusun dokumen akreditasi (baik Tim PS maupun Tim Pengelola PS) tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun Buku IIIA, Buku IIIB dan Evaluasi Diri PS. Selain paparan yang disampaikan oleh para asesor BAN-PT tentang penyusunan dokumen akreditasi, kegiatan ini juga dirangkai dengan pendampingan dan monitoring penyusunan dokumen akreditasi, khususnya bagi PS-PS yang telah didampingi sejak tahun 2011. Hal ini bertujuan agar PS-PS tersebut dapat segera menyelesaikan dokumen akreditasi dan mengirimkannya ke BAN-PT. Pada tanggal 30 April 2012, masing-masing PS yang diundang mempresentasikan kemajuan penyusunan dan penyelesaian dokumen akreditasi kepada asesor pendamping masing-masing PS. Asesor pendamping yang ditunjuk merupakan dosen UB yang menjadi asesor nasional.

Bersamaan dengan pelatihan tersebut, dilakukan juga sosialisasi dan launching Sistem Informasi Data Elektronik Akreditasi (SIDEA) yang diharapkan menjadi pool database untuk membantu percepatan dalam pengisian borang akreditasi BAN-PT. Sistem informasi ini diperuntukkan bagi tim penyusun dokumen akreditasi BAN-PT, baik tim PS maupun tim pengelola PS (fakultas/program) yang sifatnya tertutup dan tidak di-publish secara umum, hanya bagi pihak-pihak internal di lingkungan UB. Lebih lanjut, bagi pengguna SIDEA telah disiapkan account yang bersifat terbatas bagi tim penyusun dokumen akreditasi, sehingga untuk masuk dan mengisi borang yang ada diperlukan panduan seperti terlihat pada gambar di bawah.

Dengan adanya SIDEA ini, setiap PS di lingkungan UB, diharapkan dapat mengisi dan memperbarui data secara berkelanjutan. Bagi PS terkait, hal ini akan mempermudah dan mempercepat penyelesaian pengisian dokumen akreditasi pada saat yang diperlukan. Bagi pengelola, hal ini akan mempermudah pemantauan dan pendampingan. Untuk keperluan tersebut, account bagi pengguna SIDEA akan dibagikan secara tertutup melalui surat kepada para Ketua PS dan Pembantu Dekan Bidang Akademik.

Jika dalam pengisian SIDEA terdapat kendala, dapat menghubungi Sekretariat PJM.

Tinggalkan sebuah komentar