Persiapan Monevin PHK Tahun 2012

Pusat Jaminan Mutu (PJM) sebagai penerima mandat untuk menyelenggarakan Monitoring dan Evaluasi Internal (Monevin) terhadap pengelolaan dan hasil Program Hibah Kompetisi (PHK) telah mempersiapkan beberapa perangkat dan instrumen untuk kegiatan tersebut. Perangkat yang telah disiapkan adalah Tim Pelaksana Monevin PHK Tahun 2012, yaitu terdiri dari pengarah, pengelola (ketua, sekretaris dan sekretariat), reviewer internal dan auditor internal.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Monevin tahun 2012 ini disiapkan untuk dapat memberikan gambaran menyeluruh tentang pelaksanaan PHK di UB, termasuk dalam pengelolaan keuangan dan aset. Oleh karena itu, pada Monevin tahun 2012 ini melibatkan auditor dari Satuan Pengawasan Internal (SPI) untuk membantu evaluasi terhadap pengelolaan keuangan dan aset hasil dari PHK, selain juga bekerjasama dengan reviewer internal seperti tahun-tahun sebelumnya.

Perangkat yang lain yang telah disusun adalah jadwal kegiatan Monevin PHK untuk tahun 2012. Jadwal ini telah mengalami revisi atas dasar masukan dan koordinasi dengan pihak-pihak yang terkait dengan kegiatan Monevin PHK, yaitu Pembantu Rektor I, Tim PHK, SPI dan HEI-IU I-MHERE. Berdasarkan jadwal tersebut, telah ditetapkan bahwa batas waktu penyusunan dan penyerahan dokumen Monevin adalah pada hari Jum’at, tanggal 13 Juli 2012. Untuk itu, masing-masing grantees (penerima PHK) dihimbau untuk menyusun dan menyerahkan dokumen Monevin tepat waktu. Dokumen-dokumen yang diserahkan ke PJM adalah Proposal, Rencana Implementasi Program (RIP) tahun 2012, Laporan Kemajuan Implementasi PHK (sesuai dengan panduan yang ada di masing-masing PHK, harap disertakan pula dokumen panduan yang digunakan) dan Checklist Kegiatan Monevin PHK dan Checklist Capaian Indikator, Capaian Fisik dan Serapan Dana.

Instrumen Monevin PHK untuk tahun 2012 juga terdapat perubahan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Selain komentar terkonsolidasi, penilaian, checklist kegiatan Monevin dan checklist capaian indikator, capaian fisik dan serapan dana, untuk tahun 2012 ditambah dengan Lembar Laporan Hasil Audit yang akan disusun oleh tim auditor SPI.

Berikut ini adalah Distribusi Reviewer dan Auditor untuk Monevin PHK tahun 2012:

Untuk auditor internal dari Tim SPI terdiri dari:

  • M. Khoiru Rusydi, SE., MAK., Ak., BKP. (Sekretaris SPI)
  • Lutfi Harris, SE., MAK., Ak.
  • Anisya Sukmawati, SE., Ak.
  • Virginia Nur Rahmanti, SE., Ak.
  • Putri Harziani, SE.

Masing-masing reviewer internal dan auditor internal yang telah ditetapkan di atas diharapkan berkoordinasi untuk dapat melaksanakan tugas evaluasi dan merumuskan laporan. Selain itu, reviewer Monevin harap memperhatikan jadwal kegiatan Monevin PHK tahun 2012, panduan penyusunan komentar terkonsolidasi dan kode etik reviewer internal UB.

Pusat Jaminan Mutu (PJM) sebagai penerima mandat untuk menyelenggarakan Monitoring dan Evaluasi Internal (Monevin) terhadap pengelolaan dan hasil Program Hibah Kompetisi (PHK) telah mempersiapkan beberapa perangkat dan instrumen untuk kegiatan tersebut. Perangkat yang telah disiapkan adalah Tim Pelaksana Monevin PHK Tahun 2012, yaitu terdiri dari pengarah, pengelola (ketua, sekretaris dan sekretariat), reviewer internal dan auditor internal.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Monevin tahun 2012 ini disiapkan untuk dapat memberikan gambaran menyeluruh tentang pelaksanaan PHK di UB, termasuk dalam pengelolaan keuangan dan aset. Oleh karena itu, pada Monevin tahun 2012 ini melibatkan auditor dari Satuan Pengawasan Internal (SPI) untuk membantu evaluasi terhadap pengelolaan keuangan dan aset hasil dari PHK, selain juga bekerjasama dengan reviewer internal seperti tahun-tahun sebelumnya.

Perangkat yang lain yang telah disusun adalah jadwal kegiatan Monevin PHK untuk tahun 2012. Jadwal ini telah mengalami revisi atas dasar masukan dan koordinasi dengan pihak-pihak yang terkait dengan kegiatan Monevin PHK, yaitu Pembantu Rektor I, Tim PHK, SPI dan HEI-IU I-MHERE. Berdasarkan jadwal tersebut, telah ditetapkan bahwa batas waktu penyusunan dan penyerahan dokumen Monevin adalah pada hari Jum’at, tanggal 13 Juli 2012. Untuk itu, masing-masing grantees (penerima PHK) dihimbau untuk menyusun dan menyerahkan dokumen Monevin tepat waktu. Dokumen-dokumen yang diserahkan ke PJM adalah Proposal, Rencana Implementasi Program (RIP) tahun 2012, Laporan Kemajuan Implementasi PHK (sesuai dengan panduan yang ada di masing-masing PHK, harap disertakan pula dokumen panduan yang digunakan) dan Checklist Kegiatan Monevin PHK dan Checklist Capaian Indikator, Capaian Fisik dan Serapan Dana.

Instrumen Monevin PHK untuk tahun 2012 juga terdapat perubahan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Selain komentar terkonsolidasi, penilaian, checklist kegiatan Monevin dan checklist capaian indikator, capaian fisik dan serapan dana, untuk tahun 2012 ditambah dengan Lembar Laporan Hasil Audit yang akan disusun oleh tim auditor SPI.

Berikut ini adalah Distribusi Reviewer dan Auditor untuk Monevin PHK tahun 2012:

No.

Jenis PHK

Unit Penerima Hibah

Reviewer Internal 2012

1

I-MHERE b.1 Batch 3

PS Ilmu Hukum;

PS Biologi;

PS ITP;

Community Development & Outreach Program

Sunarto Ismunandar, Ir., MS. (anchor);

Nur Hidayat, Dr. Ir., MS.;

Rusdi Tjahjono, Ir., MSA.;

Retno Anggraini, ST., MT.;

Tim SPI

2

I-MHERE b.2a

Universitas Brawijaya

Setyawan P. Sakti, Dr.Ing. (anchor);

Tim SPI

3

PHK Institusi Tema B

Batch 4

Budidaya Perairan FPIK;

Fisika FMIPA;

Keteknikan Pertanian FTP

Didik Suprayogo, Ir., MSc., PhD. (anchor);

Dwi Fadila Kurniawan, ST., MT.;

Hartutik, Prof. Dr. Ir.;

Tim SPI

4

PHK Institusi Tema C

Batch 4

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Marsoedi, Prof. Ir., PhD. (anchor);

Endang Arisoesilaningsih, Dr.;

Tim SPI

5

PHK PKPD Skema A Batch 1

Fak. Kedokteran

Agus Suharyanto, Ir., MEng., PhD. (anchor);

Loeki Enggar Fitri, Dr. dr., M.Kes., Sp.ParK.;

Tim SPI

Masing-masing reviewer internal dan auditor internal yang telah ditetapkan di atas diharapkan berkoordinasi untuk dapat melaksanakan tugas evaluasi dan merumuskan laporan. Selain itu, harap memperhatikan jadwal kegiatan Monevin PHK tahun 2012, panduan penyusunan komentar terkonsolidasi dan kode etik reviewer internal UB.

Tinggalkan sebuah komentar