Visi, Misi, Tujuan, Motto dan Maklumat Pelayanan

Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Brawijaya (LPM UB) memiliki visi membudayakan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) di UB dalam rangka menuju world class enterpreneurial university.

Untuk mewujudkan visi tersebut, LPM UB menetapkan misi berikut:

  1. Mengembangkan dan mengimplementasikan SPMI di UB secara berkelanjutan.
  2. Berpartisipasi aktif dalam pengembangan early warning system.
  3. Menjadikan UB sebagai center of exellencedalam SPMI.

Seluruh kegiatan LPM UB ditujukan untuk:

  1. Menjamin mutu pelaksanaan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, berakhlak, profesional, bertanggungjawab, mampu mengembangkan diri dan berdaya saing di tingkat nasional maupun internasional.
  2. Menjamin mutu penelitian dan pengabdian masyarakat (community service) yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tingkat nasional dan internasional,
  3. Meningkatkan perbaikan sistem manajemen mutu secara berkelanjutan menuju world class entrepreneurial university.

Motto LPM UB adalah Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas dan Kerja Tuntas.

Selain itu, LPM UB merumuskan maklumat pelayanan sesuai dengan maklumat pelayanan UB, yaitu: Dengan ini, Kami menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan dan apabila tidak menepati janji ini, kami siap menerima sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tugas utama LPM UB, sesuai Peraturan Rektor UB Nomor 93 Tahun 2021, adalah sebagai berikut:

  1. Pengembangan sistem manajemen mutu UB yang terpadu.
  2. Penyusunan standar mutu dalam bidang akademik untuk semua jenis dan jenjang pendidikan, kemahasiswaan, penelitian, inovasi, dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Pelaksanaan pengukuran mutu layanan dan proses layanan sesuai dengan prinsip perbaikan berkelanjutan.
  4. Pelaksanaan evaluasi dan pengendalian mutu dalam bidang akademik untuk semua jenis dan jenjang pendidikan, dan kemahasiswaan, serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Pelaksanaan akreditasi dan sertifikasi institusi di level nasional dan internasional.
  6. Pelaksanaan sosialisasi sistem manajemen mutu.
  7. Pengelolaan data dan informasi sistem manajemen mutu.
  8. Perancangan panduan penyusunan dokumen mutu UB.
  9. Pelaksanaan evaluasi untuk semua jenis dan jenjang pendidikan, kemahasiswaan, penelitian, inovasi, dan pengabdian kepada masyarakat.