Refreshing Penyusunan Laporan Tinjauan Manajemen

Menindaklanjuti hasil Audit Internal Mutu (AIM) tahun 2021, terutama lingkup tinjauan manajemen, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UB dengan dikoordinir oleh Dr. Agustina Shinta (Ketua Pusat SPMI) menyelenggarakan kegiatan Refreshing Penyusunan Laporan Tinjauan Manajemen.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jum’at (4 Maret 2022) ini mengundang Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Dekan Bidang Akademik, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Ketua Gugus Jaminan Mutu, Ketua Departemen dan Ketua Program Studi. Refreshing yang diadakan secara daring ini dihadiri sebanyak 273 participants.

Participants Refreshing Penyusunan Laporan Tinjauan Manajemen

Kegiatan daring gelombang pertama ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengapa kita harus menyusun laporan tinjauan manajemen di masing-masing unit, diantaranya yaitu karena tinjauan manajemen sangat penting disusun sebagai dasar perlunya perubahan sistem dan improving yang berkelanjutan di tiap unit agar tercapai efektifitas dan efisiensi sistem manajemen.

Tinjauan manajemen merupakan tahap Pengendalian dalam siklus PPEPP SPMI (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan peningkatan). Bila menggunakan siklus OSDAT, tinjauan manajemen merupakan tahapan Tindaklanjut. Pengendalian dan/atau Tindaklanjut merupakan tahapan penting dalam manajerial, karena merupakan reviu dari kegiatan perencanaan/penetapan hingga pelaksanaan manajerial di organisasi. Yang tentunya hasil reviu ini penting untuk perbaikan sistem dan peningkatan mutu organisasi.

Selain untuk tujuan tersebut, tinjauan manajemen juga sangat diperlukan dalam menunjang kebutuhan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). Dalam hal ini, keberadaan laporan tinjauan manajemen merupakan persyaratan dalam kriteria akreditasi (baik program studi maupun perguruan tinggi).

Kegiatan refreshing ini menghadirkan dua orang narasumber. Narasumber pertama adalah Dr. Slamet Wahyudi (Deputi Akreditasi Pendidikan LPM) yang menyampaikan tentang pemahaman tinjauan manajemen dan prinsip-prinsipnya. Narasumber kedua adalah Dr. Nurul Muslihah (Ketua Pusat Akreditasi Nasional LPM) yang menjelaskan tentang penyusunan laporan tinjauan manajemen dan template-nya. Materi presentasi dapat diunduh di link berwarna biru tersebut, link download memerlukan otentifikasi menggunakan akun email official.

Adanya dua kebutuhan penyusunan laporan tinjauan manajemen, yaitu untuk continuous quality improvement dan pemenuhan persyaratan akreditasi, maka UB mengembangkan template laporan tinjauan manajemen yang khas, yaitu menggabungkan persyaratan ISO 9001, ISO 21001 dan kriteria akreditasi.

Hasil dari refreshing ini diharapkan membantu para pimpinan unit dalam menyusun laporan tinjauan manajemen sesuai template, sehingga dapat berguna untuk perbaikan sistem-manajerial dan memenuhi persyaratan akreditasi.