Menu Tutup

Standar Baru AUN-QA

Di sela-sela acara asesmen ke-45 ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA) di Universitas Brawijaya sejak hari Senin lalu (8/6/2015), Deputy Executive Director AUN-QA, Mr. Choltis Dhirathiti, menyempatkan untuk bertemu sejumlah ketua program studi di UB.

Pertemuan yang dikoordinir oleh PJM ini dilaksanakan pada hari Selasa (9/6/2015) jam 09.00 s.d 11.00 WIB, bertempat di Kantor Pusat Lantai 8. Kegiatan ini merupakan promosi AUN-QA tentang sertifikasi dan sekilas tentang standar (criteria) baru yang digunakan.

AUN Certification by Choltis Dhirathiti

Penjelasan Standar Baru AUN-QA oleh Dr. Choltis Dhirathiti (kedua dari kanan)

 

Dalam kesempatan ini, Dr. Choltis menyampaikan beberapa hal tentang pengembangan penjaminan mutu di perguruan tinggi, yaitu:

  1. AUN-QA merupakan salah satu lembaga akreditasi/sertifikasi yang menjadi batu loncatan menuju akreditasi internasional di tingkat global.
  2. Tujuan AUN-QA terutama adalah untuk mendorong terlaksananya proses pembelajaran yang selalu melakukan proses perbaikan berkelanjutan. Oleh karena itu, sertifikat bukan tujuan utama, namun lebih kepada tujuan untuk mendapatkan saran-masukan perbaikan program studi.
  3. AUN-QA memperbarui standar (criteria system) yang digunakan. Awalnya 18 criteria yang diterapkan, pada tahun 2011 diperbaiki menjadi 15 criteria. Di tahun 2015 ini, criteria tersebut dipadatkan lagi menjadi 11 criteria system.
  4. Program studi yang menghendaki sertifikasi AUN-QA, maka perlu mempelajari panduan penyusunan dokumen Self Evaluation Report (SAR).

Diskusi dipandu oleh Ketua PJM dan beberapa ketua program studi mengajukan beberapa pertanyaan terkait mekanisme sertifikasi dan criteria yang diperbarui. Promosi ini sangat membantu bagi program studi yang telah dipersiapkan untuk menyusun Self Evaluation Report (SAR) sebagai dokumen usulan sertifikasi AUN-QA. Dalam kesempatan ini juga dilakukan sosialisasi Program Train IQA oleh Dr. Amin Setyo Leksono.

Materi presentasi Dr. Choltis dapat diunduh DISINI.

AUN-QA Factsheet dapat diunduh DISINI.

Posted in Berita

Tinggalkan Balasan