UB Berbagi 2021: Seminar Online Seri 1

Program “UB Berbagi” merupakan bentuk kepedulian UB untuk tetap menjaga hubungan baik dan peningkatan kerjasama khususnya dalam bidang penjaminan mutu, baik SPMI maupun SPME. Dirintis oleh Pusat Jaminan Mutu (PJM) sejak awal tahun 2017 (sebelum adanya Program PT Asuh), yaitu dengan mengadakan Klinik SPMI dan SPME bagi perguruan tinggi di Nusa Tenggara Timur.

Dengan komitmen Universitas Brawijaya untuk selalu berbagi dan membantu menjawab berbagai pertanyaan seputar budaya mutu PT, akreditasi, PD-DIKTI, dan sharing pengalaman UB pada bidang terkait, maka pada tahun 2021 ini, PJM UB kembali menyelenggarakan free Seminar Online Series yang dikoordinir oleh Ir. Aida Sartimbul, PhD. (Kabid. Pelayanan Publik PJM).

Kegiatan tersebut dimulai dari Seminar Online Seri 1 dengan judul “Keselarasan Data dengan PD Dikti untuk Pemenuhan dan Evaluasi Perpanjangan Peringkat Akreditasi”, yang akan dilaksanakan pada hari Kamis, 4 November 2021, jam 08.30 s.d 11.30 WIB, dengan menghadirkan para narasumber yang kompeten pada bidangnya, antara lain:

Narasumber 1: Sugiyono, S.Si., Ph.D. (Anggota Dewan Eksekutif BAN-PT) – “Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA)

Narasumber 2: Franova Herdiyanto, S.Kom., M.T.I (Subbidang Infomasi dan Publikasi Kemdikbudristek) – “PD-Dikti untuk Akreditasi

Narasumber 3: Heri Prawoto Widodo, S.Sos., M.AB. (Kabag. Perencanaan, Akademik, dan Kerjasama UB) – “Sharing Pengalaman dari UB”.

Pembukaan: Sambutan Rektor UB (Prof. Dr. Nuhfil Hanani A.R.) dan Laporan Ketua Pelaksana (Aida Sartimbul, PhD.)

Tujuan Webinar seri 1 ini adalah untuk memberikan pemahaman yang baik kepada pengelola yayasan, UPPS dan program studi bagi PT di Indonesia, khususnya PT mitra, tentang urgensi keselarasan data PT dengan PD Dikti dalam memenuhi persyaratan perpanjangan peringkat akreditasi. Harapan dari kegiatan ini antara lain berbagi dan memberikan informasi berita terkini seputar akreditasi, PD DIKTI, dan seluk beluk terkait mutu Perguruan Tinggi.

Moderator: Putu Mahardika, PhD. (kiri atas); Narasumber 1: Sugiyono, PhD. (kanan atas); Narasumber 2: Franova Herdiyanto, MTI. (kiri bawah); dan Narasumber 3: Heri Prawoto Widodo, MAB. (kanan bawah)

Kegiatan seminar online ini dilaksanakan menggunakan aplikasi “zoom” dan juga streaming melalui Youtube di link https://bit.ly/streamsos1. Peserta kegiatan Seminar Online Seri 1 ini disediakan sertifikat yang bisa diunduh di link https://bit.ly/sertifikatSOS1.

Peserta Seminar Online Sri 1

Setelah kegiatan ini, PJM menyelenggarakan Seminar Online Seri 2 dengan judul “Strategi Memperoleh Akreditasi Unggul dengan Instrumen Suplemen Konversi (ISK) – (Best Practice di UB)”, yaitu sharing pengalaman beberapa key person dalam menyiapkan usulan akreditasi program studi menggunakan ISK. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19 November 2021.

Seminar Seri 2 ini menghadirkan narasumber:

  • Slamet Wahyudi, S.T., M.T. (Kepala Bidang Akreditasi Nasional UB) – “Strategi UB Memperoleh Akreditasi Unggul dengan ISK”.
  • Nila Firdausi Nuzula, Ph.D (Ketua PS) – “Best Practice Program Doktor FIA UB”.
  • Dr. Purnami, ST., MT. (Ketua Gugus Jaminan Mutu FT UB) – “Best Practice Jurusan Teknik Mesin FT UB”.