Workshop untuk Memperbaiki PDPT UB

Workshop PDPT

Dengan dilatarbelakangi berbagai ketidaksinkronan database dan serta kebijakan-kebijakan unit kerja yang berbeda-beda, maka pada hari Senin kemarin (7 Juli 2014) diadakan “Workshop Instruksi Kerja Dalam Rangka Verifikasi Data Mahasiswa Universitas Brawijaya Menuju Akurasi Data PDPT”.

Workshop ini diadakan dan digagas oleh Biro Administrasi Akademik dan Kerjasama (BAAK), bertempat di Paramount Meeting Room – Atria Hotel and Conference. Peserta workshop terdiri dari Pembantu Rektor I, Pembantu Dekan I, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi, Kasubbag Akademik, Operator PDPT, Tim BAAK, Tim PPTI, Ketua PJM.

Workshop yang bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang pengelolaan dan alur kerja database kemahasiswaan ini dibuka oleh Rektor UB dengan beberapa arahan. Menurut arahan beliau, adanya perbedaan prosedur pengelolaan database kemahasiswaan yang menjadi penyebab utama adanya ketidaksinkronan. Untuk itu, menurut beliau, sistem database harus diperbaiki karena database yang valid dan akurat akan menjadi dasar perencanaan dan pengembangan UB ke depan.

Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) adalah sumber data sistem penjaminan mutu eksternal (SPME) dan juga sistem penjaminan mutu internal (SPMI). Untuk itu, pengelolaan PDPT ini menjadi hal yang urgent dan critical untuk segera dituntaskan.

Berikut ini adalah beberapa materi yang disampaikan pada saat workshop tersebut.

  1. Workshop Instruksi Kerja Dalam Rangka Verifikasi Data Mahasiswa UB Menuju Akurasi PDPT oleh Arif Hidayat dan Rizki Trisnadi.
  2. Kebutuhan data PDPT oleh Arif Hidayat.
  3. Sekilas PDPT oleh Achmad Wicaksono.
  4. Peristilahan data-data kemahasiswaan.

Tinggalkan sebuah komentar