Tinjauan Manajemen

 

 

 

 

 

 

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UB selalu berkomitmen untuk memberikan peluang adanya koreksi terhadap proses dan pencegahan produk yang tidak sesuai. Oleh karena itu, tinjauan manajemen LPM disusun dengan mempertimbangkan semua aspek yang terkait langsung dan tidak langsung terhadap efektifitas dan efisiensi sistem manajemen. Hasil dari tinjauan manajemen ini menjadi dasar perlunya perubahan sistem, bahkan perubahan organisasi di LPM UB.

Tinjauan manajemen LPM dilakukan dalam beberapa tahapan. Secara umum, proses tinjauan manajemen LPM adalah sebagai berikut:

  • Persiapan tinjauan manajemen. Diawali dengan penyusunan konsep teknis pelaksanaan tinjauan manajemen, terdiri dari jadwal, data yang diperlukan untuk bahan tinjauan manajemen dan pembagian tugas. Selanjutnya, rapat pleno LPM UB akan memberikan koreksi dan persetujuan terhadap konsep pelaksanaan tinjauan manajemen.
  • Pelaksanaan tinjauan manajemen. Pengumpulan data terkait program LPM UB oleh masing-masing pusat dengan mengacu kepada sasaran mutu LPM UB. Masing-masing pusat diberi waktu untuk membahas capaian sasaran mutu masing-masing. Hasil pembahasan tersebut disertai dengan uraian hambatan, koreksi dan pencegahan/terobosan baru yang dilakukan dalam pelaksanaan program-programnya. Hasil pembahasan tersebut disampaikan kepada sekretaris LPM UB, selaku management representative, untuk dilakukan kompilasi dan analisis efektifitas dan efisiensi sistem.
  • Pelaporan tinjauan manajemen. Hasil kompilasi dan analisis efektifitas dan efisiensi sistem di LPM UB dirumuskan dalam suatu laporan tertulis. Konsep laporan tertulis tersebut disampaikan kepada semua personil LPM UB untuk diperiksa ulang. Selanjutnya, revisi terhadap laporan disampaikan kepada pimpinan Universitas Brawijaya untuk mendapatkan arahan dan kebijakan terkait organisasi LPM UB.

Laporan Tinjauan Manajemen LPM terbaru dapat diunduh DISINI.